Mobile Advertising


Beriklan merupakan sebuah kegiatan yang perusahaan anda lakukan secara berkala, baik melalui media cetak, maupun media elektronik. Banyak yang mendefinisikan apa itu advertising, berikut salah satu definisinya ”…Advertising is ”any paid form of nonpersonal presntation and promotion of products, services, or ideas by an identified sponsor”… (Kotler And Zatlam)Biasanya beriklan menggunakan satu atau lebih media massa, dengan target konsumen sebesar besarnya. Namun sudah ada beberapa perubahan teknik beriklan, sesuai dengan pergeseran trend media massa, dimana media massa sendiri sudah mulai segmented, misalnya Majalah Cosmopolitan, Tabloid Otomotif, Metro TV, ESPN, CNBC, dll.

Perusahaan pun juga memiliki segmen tersendiri, dan melakukan kegiatan beriklan melalui media yang satu segmen dengan produk-nya.Namun semakin berjalannya waktu, melakukan komunikasi dengan segmen produk anda saja tidak cukup, karena saat ini perilaku konsumen juga mengalami perubahan. Komunikasi yang efektif harus dilakukan secara one on one, dan hal ini sangat sulit dilakukan oleh media massa yang ada saat ini. Misalnya sebuah perusahaan produsen pembalut wanita, memasang iklan di majalah wanita, sudah pasti perusahaan tersebut menjangkau segmen pasar-nya, namun tidak semua pembaca majalah wanita adalah berjenis kelamin wanita, dan beberapa kompetitor perusahaan tersebut juga menggunakan media yang sama untuk beriklan.

Satu satunya media yang saat ini dapat digunakan untuk melakukan one on one communication dengan pelanggan anda hanyalah Ponsel. Hampir semua pesan yang diterima oleh pengguna ponsel, dibuka oleh penggunanya, dan hampir semua pengguna ponsel membawa ponsel-nya kemanapun dia pergi. Hal ini adalah beberapa kelebihan signifikan ponsel, yang tidak dimiliki oleh media massa lainnya, dan pesan yang anda kirimkan benar benar ditujukan ke pengguna ponsel tersebut, yang merupakan segmen pasar dari produk perusahaan anda.

Mobile Advertising akan menjadi masa depan dunia periklanan, dan siapkah anda menghadapi masa depan ini ?

“THE FUTURE IS HERE, IT’S JUST NOT EVENLY DISTRIBUTED YET” (WILLIAM GIBSON)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: