2008’s Mobile Industry Prediction

Berikut beberapa prediksi saya mengenai industri mobile di Indonesia pada tahun 2008 :
1. SMS masih menjadi pilihan utama pengguna ponsel, dibandingkan menggunakan aplikasi instant messaging seperti Yahoo Messenger, ICQ, Google Talk, AIM, atau Windows Messenger di ponsel. Meskipun secara biaya menggunakan instant messaging lebih murah (cukup dengan GPRS dan biaya bulanan seperti Agile Messenger), namun penggunaan aplikasi instant messaging (biasanya berbasis Java atau Symbian) membutuhkan instalasi ke dalam ponsel, dan banyak pengguna ponsel yang malas melakukannya.

2. Bisnis Content Provider di Indonesia akan mengalami pergeseran jenis layanan, yang selama ini berbasis SMS Premium akan mulai ditinggalkan, dan beralih ke jenis layanan lainnya. Jika untuk mengirimkan konten yang panjang, SMS tidak dapat mengakomodir-nya karena terbatas 160 karakter, dan hanya berupa teks. Content Provider akan mencari jenis layanan lainnya yang bisa mengirimkan content yang lebih variatif dan interaktif, seperti WAP Site atau ODP.

3. Operator Seluler akan mencari sumber pendapatan baru, setelah perang tarif voice (Smart menggratiskan penggunanya untuk komunikasi voice antar pemakai Smart), dan perang tarif SMS (bahkan ada dugaan kartel antara operator seluler mengenai penetapan harga SMS). Kemungkinan terbesar yang akan dilakukan operator adalah menggenjot penerimaan data (GPRS, 3G & 3.5G, dll) yang selama ini masih miskin konten lokal, sehingga user tidak mau menggunakan koneksi data dari ponsel-nya (dan juga lamban serta mahal). Hal ini akan berdampak terhadap bisnis content provider, dimana mereka harus bisa bersaing menciptakan konten konten baru yang lebih menarik dan mendidik.

4. Akan ada kenaikan permintaan untuk Ponsel yang menyediakan fitur TV (terlebih TV analog karena gratis), mengingat tahun 2008 akan ada Piala Eropa 2008 dan Olimpiade Beijing. Bagi para eksekutif yang mobilitasnya tinggi dan termasuk penggila sepakbola, ponsel dengan fitur HP akan memudahkan mereka, untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding.

5. Ponsel berkamera seharga di bawah Rp 1,5 juta akan semakin banyak, karena teknologi kamera di ponsel, biayanya sudah semakin ekonomis. Selain itu untuk ponsel ponsel high end, standard ponsel kamera-nya juga semakin meningkat, dengan resolusi 3.2 mega pixel hingga 5 mega pixel.

6. Dari semua prediksi di atas, Mobile Marketing terkena dampaknya, dan penggunaannya akan semakin luas. Meskipun masih terlalu dini untuk mengharapkan penggunaan media ponsel sebagai media komunikasi pemasaran di Indonesia, namun jumlah pengguna ponsel yang semakin meningkat, merupakan potensi besar yang cukup menggiurkan.

Happy New Year 2008………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: