Mobile Direct Marketing

Sekarang kita lanjutkan lagi membahas fungsi pemasaran dari Mobile Marketing yang berikutnya, yaitu Mobile Direct Marketing.

Apa itu direct marketing, salah satunya didefinisikan oleh Philip Kotler, yaitu :
…Direct Marketing refers to ” direct communication with carefully targetd individual customers to obtain an immidiate respon and to cultivate lasting customer relationship”

Direct Marketing berhubungan dengan komunikasi langsung dengan segmentasi konsumen tertentu untuk mendapatkan reaksi langsung dari konsumen untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan komunikasi One-to-one pada dunia pemasaran, perusahaan-persahaan dapat memaksimalkan aktvitas direct marketing-nya untuk mendapatkan loyalitas customer dengan melakukan komunikasi yang lebih personal. Komunikasi pemasaran yang biasanya dilakukan melalu internet dan e-mail bisa dilakukan melalui ponsel dengan waktu yang sangat cepat, bahkan tanggapan dari konsumen dapat diterima oleh perusaan pada saat itu juga ketika konsumen megirimkan pesan balik melalui ponselnya.

Misalnya perusahaan anda memasang iklan untuk mempromosikan produk terbaru, dan memberikan ringtone dan wallpaper gratis, jika pengguna ponsel mengirimkan sms ke nomor tertentu (hal ini dilakukan oleh beberapa perusahaan otomotif). SMS dari pengguna ponsel tersebut juga dapat dijadikan alat ukur untuk mengukur keberhasilan Mobile Direct Marketing ini.

Selain SMS, yang sudah banyak dilakukan di Eropa dan Amerika adalah membuka situs WAP tertentu, dan berapa banyak pengguna yang masuk ke situs tersebut dapat dihitung jumlahnya, dan perusahaan anda mendapatkan database nomor ponsel yang dapat di follow up lagi untuk menjadi calon konsumen.

Berdasarkan pengertian direct marketing dari Kotler, ”………to cultivate lasting customer relationship” maka anda juga dapat menggunakan Mobile Direct Marketing ini kepada existing client, untuk selalu mengingatkan mereka akan Brand dan Produk anda.

Banyak variasi dari Mobile Direct Marketing yang dapat perusahaan anda lakukan, dan rasakan dahsyatnya penggunaan ponsel untuk mempertahankan loyalitas konsumen anda………….

2 Responses to “Mobile Direct Marketing”

  1. Blyk Phenomenon « mobile marketing Says:

    […] bahasan mengenai mobile direct marketing sebelumnya ada contoh juga mengenai respon rate dari mobile direct marketing menggunakan sms […]

  2. nica Says:

    jangan cuma mengambil pengertian dari kottler aja dong


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: