Another data from Admob metrics dec 07

mobile_metrics_dec_07_page_04.jpg

Ini adalah data page impressions Admob berdasarkan geografi wilayah, dan di data ini kita bisa lihat bahwa Indonesia menempati urutan ke 5 setelah Amerika, India, Afrika Selatan, dan Inggris, dengan lebih dari 115 juta page view pada bulan Desember. Menakjubkan bukan, dengan biaya koneksi data / GPRS dihitung berdasarkan volume per kilobyte, ada 115 juta page view dari no ponsel Indonesia yang mengakses WAP site, yang tergabung di Admob Marketplace.

Mahal dan lambat, itulah kesan masyarakat kita jika mengakses internet dari ponsel-nya, dan itu memang tidak salah. Bayangkan kita membuka sebuah website dari ponsel, dengan menggunakan aplikasi opera (yang sudah mengkompres sebuah website) misalnya dengan besaran 50 kilobyte. Jika menggunakan operator Telkomsel yang biaya koneksi data-nya Rp 12,-/kb, berarti anda sudah menghabiskan pulsa sebesar Rp 600,- hanya untuk mengakses sebuah halaman.

Bayangkan ada 115 juta halaman yang diakses dari no ponsel Indonesia, kira kira sudah berapa biaya yang dihabiskan untuk itu, dan kemungkinan masih banyak juga website yang diakses oleh masyarakat, dan website atau Wap site tersebut belum bergabung dengan Admob Marketplace (berarti tidak terekam di data ini). Dengan 80 juta nomor seluler yang beredar di Indonesia, dan sebagian besar ponsel-nya adalah type low end, dan yang sudah aktif koneksi data / GPRS-nya hanya sekian persen, bagaimana mungkin ada 115 juta page view yang diakses dari Indonesia.

Tapi ini adalah data-nya, dan saya juga sudah mengungkapkan keheranan saya kepada Mr Aunkur, Director Business Development Admob, bahwa sudah tertanam di benak masyarakat bahwa mengakses internet dari ponsel sangat mahal dan lamban, tapi beliau hanya menjawab bahwa inilah datanya. Saya coba memikirkan dan berusaha membuat sebuah analisa, dan ini hanya sebuah kemungkinan saja.

Pernah anda mendengar Telkomsel Flash, atau Paket data Xplore 3G ? Ini adalah beberapa contoh produk operator seluler di Indonesia, untuk mengakses internet dari komputer menggunakan modem 3G, dan jaringan seluler. Memungkinkan sekali bahwa banyak page view yang didata Admob, diakses menggunakan produk modem 3G ini.

Tapi hal menarik lainnya adalah bahwa Admob juga mencatat penggunaan handset yang paling banyak digunakan untuk mengakses Wap site yang tergabung dalam Admob Marketplace, dan data yang mereka catat, adalah Nokia 6020 yang paling banyak.

Lepas dari semua data yang membingungkan ini (tapi saya percaya bahwa data ini benar), kita lihat saja dampaknya, bahwa di Indonesia termasuk negara ke 5 teraktif di dunia yang menggunakan mobile internet, dan ini merupakan pangsa pasar yang menggiurkan untuk mobile marketing. Admob sudah mulai membaca peluang ini, apakah kita hanya diam dan jadi penonton saja seperti biasanya ? Kapan kita menjadi pelaku ?

P.S : komentar sangat terbuka mengenai data ini, silahkan isi comment di sini atau kirim e-mail ke onad1808@gmail.com. Bagi yang membutuhkan data lengkap silahkan request di sini atau email, thx.

2 Responses to “Another data from Admob metrics dec 07”

  1. ardietna Says:

    Analisa yang menarik mas🙂
    jadi ingat waktu ke shibuya. . .orang naik bis pada baca komik di HP. Keitai disana emang beda dengan indo, apalagi mobilitas mereka yang sibuk sehingga ponsel adalah kawan setia bagi mereka.

  2. onad Says:

    Benar mas, kalau pernah dengar i mode-nya milik NTT Docomo yang benar benar fenomenal karena pertumbuhannya sangat cepat, salah satu pemicunya adalah penggunaan ponsel yang intensitasnya sangat tinggi, dan minimnya space untuk komputer, jadi akses internet dari ponsel lebih populer


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: