Blyk Phenomenon

Pernah mendengar tentang Blyk ? Blyk adalah sebuah operator seluler di Inggris yang memberikan 217 sms dan layanan voice gratis selama 43 menit kepada pelanggannya setiap bulan. Tapi tidak semua orang bisa menjadi pelanggannya, karena Blyk hanya memperbolehkan yang berumur 16-24 tahun menjadi pelanggannya.

Model bisnisnya adalah Blyk mensubsidi biaya layanan gratis mereka dengan 6 iklan yang harus dilihat oleh pelanggannya setiap hari. Jika anda melihat website-nya blyk, setiap pelanggannya harus memiliki ponsel yang mempunyai fitur MMS, karena itu salah satu cara dalam mengirimkan iklan. Yang lebih hebatnya lagi adalah, anda dapat memilih iklan dari brand apa yang ingin anda terima di ponsel anda, lalu setelah anda menjadi pelanggan Blyk, anda juga dapat mengirimkan invitation kepada teman anda untuk menjadi pelanggan Blyk juga.

Mengecilkan segmen pasar bagi hanya yang berumur 16-24, Blyk berusaha untuk fokus ke salah satu segmen yang mereka anggap sangat potensial. Kalau dilihat dari sisi umur, pelanggan berumur 16-24 tahun, kemampuan daya beli mereka mungkin tidak sebesar yang berumur lebih tua, misalnya umur 25-50. Tapi di sisi lain pelanggan umur 16-24 tahun memiliki adapatasi terhadap teknologi yang lebih baik, dan mereka merupakan senjata Viral Marketing yang cukup baik. Jika mereka mendapatkan informasi dari iklan yang didapatkan di ponsel, mereka tidak akan keberatan untuk menyampaikannya kepada orang lain lagi.

Pernah terpikir seberapa efektifitasnya brand menggunakan ponsel untuk menyampaikan informasi komunikasi pemasarannya ? Blyk mengklaim data bahwa dari 498 campaigns yang menggunakan Blyk mulai dari 24 September 2007 hingga 24 Januari 2008 adalah :

Average response rate 29%
Average SMS response rate 41%
Average MMS response rate 22%

Kalau dibandingkan dengan media konvensional dalam melakukan direct marketing, berikut tabelnya :

ad_response_rates.jpg

Memang kelebihan ponsel dibanding dengan media lainnya adalah, ponsel bisa langsung memberikan respon balik terhadap iklan yang diterima. Misalnya Blyk mengirimkan sms/mms iklan, dan pelanggan Blyk langsung mengirimkan respon balikan dari iklan tersebut melalui sms. Jadi tingkat respon balikan bisa langsung dihitung jika menggunakan media ponsel, dibandingkan menggunakan media lain dalam beriklan seperti iklan di media cetak atau TV commercial.

Dalam bahasan mengenai mobile direct marketing sebelumnya ada contoh juga mengenai respon rate dari mobile direct marketing menggunakan sms ataupun WAP Site.

Jadi sudah terpikirkan kapan mau menggunakan ponsel untuk beriklan atau direct marketing ? Waktu saya tersedia untuk berdiskusi jika sudah ingin mencoba mobile marketing……..

2 Responses to “Blyk Phenomenon”

  1. borryshasian Says:

    Hi…
    How to get the database of mobile phone based customers?
    Is it a permission-based marketing or an interrupted-based marketing?
    How would it effect our brand, if somehow people feel the message is annoying?

  2. onad Says:

    Hi borrys, thanks for ur questions
    There are many ways to get the database from mobile phone customers, such as make a business relation ship with operator or content provider, using their database, and of course with their customers permission. Or u can make free useful application for customers, and u can collect their data from that application.

    This is a basic principle from mobile marketing, an Opt-in process, permision based marketing. Don’t try to send message without permission from the receiver. Make ur self as customer, absolutely u don’t like it if u have to accept something that u don’t ask.

    I will write about this opt in process, and spam, so visit my blog regularly🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: