Powerful 160 Characters

Saat ini di Amerika, para calon dari partai demokrat dan partai republik sedang berlomba lomba mendapatkan suara agar bisa menjadi calon presiden dalam pemilu mendatang. Berjuta juta dolar dihabiskan untuk mendapatkan hati pemilih, dengan meluncurkan kampanye iklan di beberapa media (kalau sudah jadi presiden, balik modal lah).

Apakah ponsel dijadikan alat kampanye iklan bagi calon calon presiden Amerika tersebut ? Jawabannya sudah pasti YA, salah satu perusahaan mobile marketing di Amerika menjalankan kampanye pemasaran dari dua kandidat partai demokrat, yaitu Barrack Obama dan Hillary Clinton.

Limbo, perusahaan yang menjalankan kampanye pemasaran dari kedua calon partai demokrat itu, telah mengirimkan lebih dari 1 juta SMS, dalam 2 kampanye pemasaran, dan mengumumkan hasil dari kampanye pemasaran tersebut, merubah perilaku penerima SMS, dan persepsi mereka mengenai calon yang akan dipilih. Berita selengkapnya dapat anda lihat di sini….

Saya tidak akan membahas yang dapat anda baca sendiri di website, mengenai hasil dari kampanye pemasaran kedua calon tersebut, tapi saya akan membahas bagaimana 160 karakter dari SMS menjadi sebuah alat yang sangat berguna. Memang penggunaan sms sebagai bagian dari kampanye pemasaran bukan sebuah hal yang baru, termasuk di Indonesia. Namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan SMS campaign, yaitu :
-. Tentukan tujuan dari kampanye pemasaran
Hal utama dari sebuah kampanye pemasaran adalah menentukan tujuan dari kampanye tersebut, apakah sekedar branding saja, atau meningkatkan product awareness, atau hal lainnya. Menentukan tujuan kampanye pemasaran, akan sangat mempengaruhi semua kegiatan kampanye lainnya, mulai dari konten sms, database, dll
-. Konten dari SMS
Dengan hanya 160 karakter yang tersedia, kita harus memaksimalkan kreatifitas, agar pesan yang ingin disampaikan dapat tercakup dalam 160 karakter itu. Selain itu layaknya sebuah pesan informasi komunikasi pemasaran, sebaiknya kita menentukan inti dari pesan, dan sebaiknya maksimal 1 pesan saja, semakin banyak pesan yang ingin disampaikan, akan semakin membingungkan pembacanya. Sebelumnya buatlah list informasi yang akan disampaikan, misalnya info promosi, nomor telpon hunting, alamat, dll. Ingat jika pesan anda melebihi 1 karakter saja dari maksimum 160 karakter, berarti biaya yang anda tanggung sudah 2 kali lipat.
-. Database penerima sms
Anda harus memiliki database yang jelas, kepada siapa anda ingin mengirimkan informasi komunikasi pemasaran tersebut, dan pastikan bahwa pesan yang anda kirimkan bukan SPAM, dengan meminta izin terlebih dahulu dari si penerima, apakah mereka setuju untuk dikirimkan informasi komunikasi pemasaran. (Opt-in). Selain itu demografis dari database yang anda kirimkan juga akan mempengaruhi konten dari SMS tersebut, misalnya gaya bahasa yang disampaikan kepada anak SMP tentu berbeda dengan profesional yang sudah berumur 35 tahun.
-. Respon dari kampanye pemasaran
Perbedaan dasar mobile marketing dengan kampanye pemasaran lainnya adalah mobile marketing dapat menerima respon balik secara langsung dari kampanye pemasaran tersebut. Dengan mengirimkan sms informasi komunikasi pemasaran dari perusahaan anda, secara tidak langsung anda dapat meminta respon konsumen dengan mengirimkan sms balik, dan respon balikan ini bisa dihitung untuk menghitung berapa response rate yang didapat dari kampanye pemasaran anda. Sudah pasti biaya yang anda tanggung juga akan lebih besar jika menggunakan kampanye pemasaran dengan respon balik.

Itulah beberapa bahan pertimbangan yang sebaikanya disiapkan sebelum melakukan kampanye pemasaran melalui SMS. 160 karakter kadang terasa terlalu pendek, tapi percayalah bahwa hasilnya tidak akan sependek itu……

One Response to “Powerful 160 Characters”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: