I-Phone…Nothing special

I-Phone, sebuah produk fenomenal buatan Apple, yang saat ini sudah mulai dijual di beberapa negara Eropa, ditargetkan terjual sebanyak 10 juta unit pada tahun ini. Di Indonesia pun anda juga dapat membeli I-Phone yang sudah diunlocked (agar bisa digunakan dengan sim card operator seluler Indonesia), dengan harga 6 juta-an rupiah saja, masih lebih murah dibandingkan E90 Communicator milik Nokia.
iphone

Bagi saya yang belum punya, memang penasaran juga seberapa keren dan canggihnya ponsel ini, sampai di eropa sana saja orang ngantri untuk membeli I-Phone, dan di Indonesia beberapa bulan yang lalu, ada orang mau menjual I-Phone dengan harga Rp 15 juta,- (mending beli motor kali…). Akhirnya saya bisa memegang dan mencoba I-Phone beberapa hari yang lalu, milik teman saya (yang katanya tidak beli, dikasih orang Singapore) dan sudah di unlocked, menggunakan sim card IM3.

Saat memegang ponsel tersebut memang kesan stylish begitu melekat, dan dengan sombongnya dia memamerkan fitur fitur yang menurut saya memang cool…. Dia membuka galeri foto-nya, dan I-Phone tersebut diputar 90-360 derajat, dan gambar foto yang ada di galeri secara otomatis posisinya mengikuti, tanpa menyentuh 1 tombol pun (produk ini juga minim tombol). Lalu dia membuka sebuah foto yang agak kecil ukurannya, kemudian menggunakan 2 jari melakukan zoom in dan zoom out foto tersebut (dalam hati saya memang produk ini keren sekali). Kemudian pindah ke menu i-pod, dan masuk ke direktori lagu, dia cukup menggerakan jarinya secara perlahan, dan daftar lagu di direktori tersebut turun scroll ke bawah (tampilannya sangat bagus), tapi kebetulan dia tidak membawa ear phone-nya, jadi saya tidak mencoba kualitas audio-nya, tapi teman saya bilang kualitasnya tidak beda dengan I-Pod. Kemudian ada juga browser Safari untuk mengakses website, dan kelebihannya browser tersebut bisa support beberapa window, dan posisi melihatnya bisa juga secara miring (digeser 90 derajat).

Setelah itu saya memegang I-Phone tersebut sendiri, kemudian mulai mencoba coba menu-nya, dan sekarang kita masuk ke bagian payah-nya. Menurut teman saya beberapa fitur tidak bisa digunakan (karena versi unlocked), dan dia tidak bisa terkoneksi dengan internet melalui GPRS, karena tidak bisa setting-nya, tapi masih bisa terkoneksi internet menggunakan WIFI-nya (kalau menurut saya mungkin teman saya saja yang tidak bisa, pinjamkan seminggu, mungkin saya menemukan cara setting-nya). Ada shortcut untuk Maps (GPS), Youtube, Stocks (yang harus menggunakan koneksi internet), dan beberapa fitur lainnya. Saya mulai dari fitur SMS, dimana ada virtual keyboard yang harus menggunakan tangan untuk mengetiknya (I-Phone memang tidak ada stylus-nya, dan dicoba pake stylus PDA tapi tidak bisa), kalau jari anda termasuk besar, anda akan kesulitan. Kemudian saya masuk ke fitur phone book, yang anda simpan harus sama persis nomornya, karena kalau tidak sama tidak akan keluar nama-nya, contoh anda memasukkan nomor 0818, tapi begitu anda menerima telpon akan keluar +62818, jadi pada saat memasukkan phone book, harus menggunakan +62818, kalau ingin keluar nama penelponnya. Kemudian berdasarkan cerita teman saya ada kekurangan lainnya seperti ring tone MP3 bisa digunakan kalau file tersebut ada licence untuk bisa dijadikan ring tone, kemudian untuk transfer file harus menggunakan dock-nya, lalu manual harus download di internet.

Secara umum ponsel ini memang keren dari segi tampilan, karena gambarnya juga sangat halus, tapi kalau dibandingkan fitur-nya menurut saya biasa saja, apalagi I-Phone belum support jaringan 3G, dan hasil kamera 2 megapiksel-nya standard. Jadi kalau anda berniat ingin gaya, I-Phone bisa jadi salah satu pilihan anda, cukup nitip teman di Amerika dengan harga US$399, dan tambahan 1 juta rupiah unlocked di ITC Roxy Mas, totalnya tidak sampai 5 juta rupiah. Tapi kalau anda mementingkan fitur, mungkin cukup beli Nokia N95 saja, dengan harga yang tidak beda jauh, tapi fiturnya sudah jauh lebih baik.

I-Phone, biasa aja tuh….

2 Responses to “I-Phone…Nothing special”

  1. man4mobile Says:

    We use a product, not only for the features it provides, but also because what’s owning it means, what will people say about it when we use it and hold it in our hands.
    So I think I-Phone is very special…you can’t beat the high experience of owning it!

  2. onad Says:

    agree, that’s what i said, if u need the features, better buy another product, but if u need “what’s owning it means”, this product is very cool….


Leave a Reply

