MMS

Mungkin anda semua sudah tahu apa itu MMS, Multimedia Messaging Service, sebuah fitur di ponsel yang fungsinya untuk mengirimkan file multimedia ke ponsel lain, melalui jaringan koneksi data operator seluler (GPRS). Dengan MMS anda dapat mengirimkan file gambar, audio, bahkan video, jauh melebihi kemampuan SMS yang hanya bisa mengirimkan teks.

Sedikit mengenai layanan MMS, di Indonesia MMS mulai diperkenalkan pada tahun 2003 . Dengan biaya perhitungan per sekali kirim antara Rp 1000,- hingga Rp 1250,- maksimal besaran file 50 kilobyte, MMS pada awalnya MMS diharapkan dapat mendongkrak pendapatan operator seluler. Namun pada kenyataannya, fitur ini tidak terlalu menarik minat pengguna ponsel di Indonesia, karena dianggap mahal dan kurang user friendly, mengingat dibuthkan ponsel khusus yang support MMS, lalu juga ada effort dari pengguna untuk melakukan setting serta aktifasi MMS dan GPRS.

Dalam kegiatan mobile marketing, sebenarnya MMS merupakan salah satu alat yang cukup lengkap karena bisa menyampaikan file multimedia dan teks, misalnya anda memiliki sebuah toko baju, dan untuk menyebarkan informasi produk baru yang anda miliki, MMS bisa mengirimkan gambar dari produk baru tersebut, dan teks sebagai informasi pelengkap, seperti harga, ukuran, dll.

Sebenarnya MMS bukanlah sebuah teknologi tinggi yang membutuhkan ketrampilan khusus untuk menggunakannya. Saya punya 2 teman yang menurut saya sangat Gagap Teknologi (bahkan buka friendster saja harus ditemani), bisa menggunakan fasilitas MMS, salah satu dari mereka malahan menggunakan MMS untuk jualan sepatu dan tas.

Saat ini dengan semakin berkembangnya teknologi fitur fitur di ponsel, sebenarnya MMS masih menjadi salah satu pilihan bagi pengguna ponsel untuk berbagi file, meskipun dengan besaran file yang menjadi jauh lebih kecil. Untuk kebutuhan mobile marketing memang MMS juga memiliki kekurangan, dimana dibutuhkan biaya koneksi data / GPRS untuk menerima maupun mengirim MMS. Namun jika informasi komunikasi pemasaran yang anda kirimkan melalui MMS memiliki value, tentu sang penerima pesan tidak akan keberatan mengeluarkan biaya yang tidak besar untuk menerima pesan MMS anda, jadi pastikan bahwa pesan anda benar benar diinginkan oleh si penerima.

MMS….Mari makan siang…. :p

2 Responses to “MMS”

  1. kiatbisnis Says:

    info yang menarik..thanks

  2. onad Says:

    mudah2an posting-an yang lain juga menarik utk anda…thx


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: