Our Mobile not a GARBAGE BIN (3)

Setelah anda mendapatkan gambaran tentang apa itu Opt-In dan Opt-Out, saya akan membahas bagaimana trik agar anda dapat menyampaikan informasi komunikasi pemasaran, tanpa melanggar privasi orang lain karena melakukan SPAM.

Opt-In adalah sebuah keharusan agar anda tidak dianggap melakukan SPAM, bayangkan jika hal ini terjadi pada anda, tentu anda juga tidak akan suka. Namun untuk membuat pelanggan anda dengan suka rela menerima pesan anda memang menjadi sebuah tantangan sendiri. Berikut adalah beberapa tips agar pelanggan anda mau melakukan Opt-In :

1. Informasi anda harus memiliki value bagi penerimanya
Berdasarkan hasil survey di Inggris, iklan yang disampaikan ke ponsel baik melalui voice atau text, 70% dari responden menganggapnya tidak relevan, 64% menganggap iklan tersebut mengganggu, dan hanya 11% yang melakukan pembelian berdasarkan hasil kampanye iklan melalui ponsel. Kalau dilihat dari hasil survey, memang banyak yang merasa pesimis dengan masa depan dari mobile marketing ini. Tapi disinilah letak tantangannya, karena dari hasil survey tersebut, ternyata juga ada responden yang merasa bahwa informasi yang disampaikan ke ponsel mereka memiliki value. Jadi sebelum mengirimkan informasi komunikasi pemasaran anda, posisikan dulu diri anda sebagai konsumen, dan pastikan bahwa informasi itu berguna untuk anda.

2. Berikan Gimmick bagi penerima iklan
Strategi yang dilakukan oleh Blyk sangat efektif untuk mendapatkan database, dan orang dengan suka rela melakukan Opt-In, karena mereka mendapatkan sms dan layanan voice gratis. Anda juga bisa menerapkan strategi yang mirip seperti ini, dengan memberikan gimmick bagi calon konsumen, misalnya dengan diskon, pulsa, dll, agar mereka mau menerima informasi komunikasi pemasaran anda, dengan harapan setelah mereka mendapatkan informasi, mereka tertarik untuk melakukan pembelian.

3. Unsur hiburan dalam iklan
Hampir semua orang menyenangi hiburan di waktu luangnya, dan iklan bisa menjadi efektif karena memiliki unsur hiburan. Hal ini bukan hanya berlaku di ponsel, anda juga sering mengingat ingat baik iklan koran, radio atau televisi yang menghibur, atau mengandung unsur humor di dalamnya. Dengan iklan yang menghibur, calon konsumen tidak akan terlalu merasa bahwa mereka sedang melihat iklan.

Masih banyak cara lain agar calon konsumen anda mau melakukan Opt-In, tapi jangan melakukan pemaksaan, karena esensi keunggulan dari Mobile Marketing adalah anda dapat melakukan one on one communication secara terarah kepada target market anda, jadi kalau mereka menolak untuk melakukan Opt-In, anda masih memiliki target market yang lain.
Saya kembali menekankan bahwa proses Opt-In adalah sebuah hal yang harus dilakukan sebelum anda mengirimkan informasi komunikasi pemasaran kepada calon konsumen anda. Jangan rusak industri yang baru saja akan berkembang ini, SPAM hanya akan membuat reputasi dan integritas perusahaan anda hancur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: