Nokia Ad Business

Kalau anda masih ragu untuk menggunakan media ponsel sebagai alat untuk melakukan kegiatan pemasaran anda, mungkin hal yang satu ini dapat meyakinkan anda. Dengan segudang pengalaman di industri ponsel, Nokia juga bermain di industri mobile marketing, dengan brand Nokia Ad Business, yang detail-nya dapat anda lihat di www.adservice.nokia.com .

Pada prinsipnya, Nokia memiliki layanan yang hampir sama seperti yang ditawarkan oleh Admob, namun dengan beberapa fitur tambahan yang lain. Nokia mulai serius memasuki bisnis mobile marketing, setelah mengakuisisi salah satu perusahaan mobile advertising terbesar di dunia, Enpocket, pada bulan september 2007, www.enpocket.com .

Dengan mengakuisisi Enpocket, layanan yang ditawarkan Nokia Ad Business tidak hanya sekedar marketplace iklan untuk WAP site saja, tapi juga dalam bentuk lainnya, seperti sms, mms, java application, dan lainnya. Di dalam kedua website tersebut, dipaparkan juga case study dari klien mereka yang telah menggunakan mobile advertising. Bahkan Nokia Ad Business telah berhasil menggandeng beberapa operator seluler terkemuka dan publisher (istilah untuk pemilik WAP Site yang akan ditempatkan iklannya) seperti Discovery, Reuters, dan Sprint. Sedangkan beberapa Brand (istilah untuk pemasang iklan) yang juga sudah menggunakan layanan mereka adalah BMW, Paramount, Pepsi, Toyota dll.

Nokia memasuki industri mobile marketing, karena bisnis ini dianggap sangat prospektif, dengan nilai pasar global pada tahun 2011 bisa mencapai US$ 11,3 Miliar, dan saat ini mereka sudah mengklaim bahwa jaringan layanan advertising mereka bisa menjangkau lebih dari 100 juta konsumen. Sebagai pembuat handset ponsel, tidak sulit bagi Nokia untuk mengembangkan bisnis mobile marketing, dimana pemasang iklan mendapatkan beberapa added value yang tidak ditawarkan oleh perusahaan mobile marketing, yang bukan pembuat ponsel, terlebih Nokia merupakan vendor ponsel terbesar di dunia.

Kalau Nokia saja merasa bahwa bisnis ini prospektif, di luar segala keunggulan dan kemampuan teknis maupun finansial mereka, berarti memang Mobile Marketing bisa menjadi salah satu industri yang prospeknya cukup menggiurkan. Apakah anda punya pendapat yang sama ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: