Lagi Lagi Spam Lagi

Baru saja saya membaca berita di http://www.cellular-news.com bahwa China Mobile akan memblokir sms marketing dari 7 perusahaan periklanan, bahkan ada 1 perusahaan yang mengirimkan sekitar 200 juta sms per hari. China Mobile bahkan sudah mengeluarkan permintaan maaf karena membiarkan terjadinya penyebaran Spam ke lebih dari setengah pengguna ponsel, di negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia itu.

Kejadian yang sama juga saya alami beberapa hari yang lalu, setelah saya menerima sms promo dari operator seluler yang saya gunakan, sebanyak 3 kali per hari. Bahkan minggu lalu saya mendapatkan voice spam dari salah satu operator CDMA yang saya gunakan, dan setelah saya angkat, kemudian suara mesin yang terdengar, dan tidak sampai 3 detik sudah saya matikan telpon tersebut. Sebagai pengguna jelas saya merasa terganggu dengan beberapa kejadian ini, namun sebagai konsumen apa yang dapat saya lakukan ? Melapor ke YLKI ? Disinilah sebagai konsumen di Indonesia, memang posisi kita sangat lemah, terlebih kalau kita memang membutuhkan produk tersebut.

Tapi yang saya mau paparkan adalah bukan curhat dengan apa yang terjadi, karena saya yakin bukan hanya saya yang mengalami kejadian ini, tapi puluhan juta pengguna ponsel juga mengalami kejadian yang sama. Hal terpenting adalah bahwa Spam merupakan sebuah kegiatan yang sangat merugikan konsumen, dan hal ini dapat merusak reputasi industri mobile marketing yang baru saja berkembang.

Dengan besarnya potensi mobile marketing di Indonesia, jika Spam sudah mulai menyebar, maka dipastikan industri ini akan mati dalam waktu yang singkat. Hal yang tak kalah penting lainnya adalah Spam juga bisa merusak reputasi perusahaan dan produk anda, jadi berhati hatilah dengan kegiatan promosi anda, dan pastikan bahwa orang yang menerima informasi komunikasi perusahaan anda, telah menyetujui untuk mau menerima informasi tersebut.

”MOBILE MARKETING IS A PERMISSION BASED MARKETING”

Leave a Reply

